Manfaat Kalsium Bagi Pertumbuhan Anak

Manfaat Kalsium Bagi Pertumbuhan Anak -Kalsium adalah salah satu nutrisi yang amat sangat penting bagi kesehtan tubuh. Seringkali anak-anak tidak mendapat asupan kalsium yang cukup. Penelitian dari British research Nutrition mengatakan bahwa orang Indonesia mengkonsumsi kalsium hanya 40% dari total kebutuhan. Padahal, peranan kalsium ini sangat besar bagi pertumbuhannya. Peranan kalsium bagi pertumbuhan anak itu sangat baik oleh karena itu kalsium sangat dibutuhkan oleh anak-anak karena kalsium tersebut berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi agar cepat tumbuh dan sehat.

Salah satu fungsi utama kalsium adalah sebagai pembentukan tulang. 99% dari kalsium berperan penting untuk tulang kerangka. Tulang adalah sebuah sistem yang dinamis di mana ada proses pertumbuhan dari tulang lama ke tulang baru.  Dan salah satu elemen terpenting dari proses ini adalah kalsium. Oleh karena itu, Anda khusunya anak-anak sangat memerlukan banyak asupan kalsium. Salah satu konsekuensi serius dari kekurangan kalsium dan vitamin D dalam tubuh adalah osteoporosis. Apa itu Osteoporosis? adalah penyakit tulang sistemik yang ditandai dengan penurunan kualitas dan kepadatan massa tulang, sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan risiko patah tulang (WHO 1994). The National Academy of Sciences merekomendaikan agar orang dewasa mendapatkan asupan kalsium antar 1.000 atau 1.200 mg / hari kemudian 1.300 mg untuk wanita hamil dan menyusui.

 

Proses pertumbuhan tulang Anak

 

Kalsium berperan penting dalam proses pertumbuhan tulang. Tulang kita terdiri dari 99% kalsium. Manfaat kalsium pertama adalah membentuk struktur tulang dan gigi anak agar lebih kuat dan sehat. Anak yang kekurangan asupan kalsium biasanya ditandai dengan mudah capek, sering sakit, lemah dan tulang kropos. Biasakanlah anak-anak agar untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti telur, susu, sereal, daging dsb.

Menghindari Risiko Osteoporosis

 

Pada dasarnya tulang kita terdiri dari protein, kolagen dan kalsium yang memberikan energi dan postur bagi tubuh. Defenisi Osteoporosis itu sendiri adalah terjadinya penurunan densitas tulang karena penurunan kadar kalsium. Tulang yang terkena osteoporosis akan mudah patah dan kropos. Tulang yang sering terkena efek dari osteoporosis terutama adalah yang menyangga berat badan seperti panggul, tulang belakang, hingga tulang iga. Jadi dengan memperkaya makanan yang banyak mngandung kalsium, maka anak-anak anak terhindar dari resiko tulang kropos atau Osteoporosis.

 

Menjaga Kekebalan Tubuh Anak

Anak-anak yang kekurangan kalsium lebih rentan terserang penyakit dan biasanya ditandai dengan cepat lesu, sering berkeringat, sering mengalami sakit perut, sakit otot, gangguan tidur dan sering kejang. Kalsium sangat  berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh sang anak. Inilah fungsi yang terdapat dalam kalsium, yaitu  dapat membuat anak tidak mudah sakit.

 

Mempercepat Proses pembekuan darah

 

Anak-anak sangat senang bermain terutama ketika berada diluar ruangan. Ketika bermian di outdoor, maka resiko jatuh saat bermain itu sangat besar dan biasanya jika sudah jatuh resiko yang dialami mereka adalah luka dan akihrnya berdarah. Apabila anak terluka dan berdarah, maka kalsium disini sangat berperan penting dalam proses pembekuan darah, agar cepat berhenti atau membeku.

 

Comments

comments

Related Posts

%d bloggers like this: