Makanan Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

Makanan Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil – Selalu menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya merupakan hal wajib yang harus dipenuhi para wanita hamil. Ya, dengan selalu menjaga kesehatan dengan baik nantinya hal tersebut dapat membantu perkembangan bayi pasca melahirkan. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan saat masa kehamilan yaitu dari makanan yang dikonsumsi. Seperti yang kita ketahui, wanita hamil tidak hanya memenuhi kebutuhan untuk dirinya saja, melainkan ada janin yang juga harus terpenuhi gizinya. Untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang, anda harus selektif dalam memilih makanan yang akan anda konsumsi. Anda tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan karena dapat berdampak pada janin yang sedang dikandung.

Makanan yang dianjurkan untuk wanita hamil yaitu makanan yang banyak mengandung serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran hijau. Namun, taukah anda terdapat beberapa makanan yang tidak baik untuk ibu hamil. Makanan-makanan apa sajakah yang harus anda hindari ketika masa kehamilan tersebut? Berikut penjelasannya.

Makanan Yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil

 

  • Makanan Laut Yang Tinggi Merkuri

Makanan yang tidak baik untuk ibu hamil yang pertama yaitu makanan dari jenis seafood. Memang benar, bahwa makanan laut banyak mengandung omega 3 dan juga protein yang tinggi. Namun ternyata pada beberapa makanan laut terdapat bahan kimia berbahaya yaitu merkuri. Jika pada masa kehamilan anda mengkonsumsi makanan dengan kadar merkuri yang tinggi, maka hal tersebut dapat membahayakan janin anda.

Sesekali mengkonsumsi makanan laut memang boleh saja dilakukan, namun hal yang perlu diingat anda harus mengkonsumsinya sewajarnya saja. Pilihlah makanan laut seperti  udang, ikan teri, ikan trout dan salmon.

  • Hindari Daging dan Telur Yang Tidak Matang

Alasan mengapa anda harus menghindari daging dan telur yang tidak matang karena makanan yang tidak dimasak dengan suhu 100 derajat C banyak mengandung bakteri dan juga virus yang dapat berkembang biak. Jika anda sudah mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak matang, tubuh anda akan mudah terinfeksi oleh bakteri-bakteri tersebut. Untuk itu, anda sebaiknya memasak makanan tersebut dalam keadaan yang benar-benar matang agar masalah kesehatan saat masa kehamilan dapat terhindarkan.

  • Hindari Makanan Yang Belum Di Pasteurisasi

Makanan seperti jus, keju madu dan beberapa olahan susu seringkali belum mengalami proses pasteurisasi saat dikonsumsi. Pasteurisasi yaitu proses pengolahan makanan yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme yang sering mengkontaminasi makanan-makanan tersebut. Jika anda gemar mengkonsumsi makanan-makanan tersebut sebaiknya anda harus meninggalkan makanan tersebut untuk sementara waktu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Hindari Buah dan Sayur Sebelum Dicuci

Makanan yang berserat tinggi seperti sayur dan buah memang sangat baik dikonsumsi terutama pada saat hamil. Selain kaya akan serat, ternyata buah dan sayur banyak mengandung mineral dan vitamin yang membantu kelangsungan kinerja tubuh. Namun, sayuran dan buah bisa jadi makanan yang tidak baik untuk ibu hamil jika anda mengkonsumsinya secara langsung tanpa mencucinya terlebih dahulu. Makanan yang belum dicuci mengandung banyak mikroorganisme yang lama-kelamaan dapat menginfeksi ibu dan juga janin. Sebelum mengkonsumsinya, sangat dianjurkan untuk mencuci buah dan sayur terlebih dahulu.

Baca Juga: Jenis-Jenis Makanan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Juga Janin

  • Hindari Alkohol

Bagi anda yang mempunyai kebiasaan buruk suka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung alkohol, maka anda harus segera meninggalkan kebiasaan tersebut. Alkohol yang anda konsumsi ternyata dapat menembus dinding plasenta sehingga jika dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan gejala deformatis. Gejala tersebut dapat membuat anak anda terlahir dalam keadaan cacat dan kelainan fisik. Tak hanya itu, makanan yang tidak baik untuk ibu hamil tersebut dapat mempengaruhi perkembangan otak saat berada dalam kandungan.

  • Hindari Mandi air Hangat

Ibu hamil selama kehamilan harus menghindari mandi air panas. Kelebihan panas di atas 39 derajat dapat mempengaruhi pembentukan janin, dan dalam beberapa kasus menjadi penyebab keguguran;
Perhatikan kosmetik nya: krim, shampoo, maskara harus tidak mengandung zat-zat beracun. Tapi dari pewarnaan rambut untuk waktu yang Anda ingin berhenti berlangganan: dalam tubuh ibu hamil menjalani proses hormonal yang dapat dipengaruhi oleh pewarna buatan yang menembus kulit kepala. Untuk rambut, gunakan obat-obatan alami – decoctions herbal, henna, masker dan sebagainya;

Baca Juga: Buah-Buahan Untuk Ibu Hamil Muda Yang Bagus

Dengan adanya informasi di atas, sebaiknya anda harus menghindari makanan yang tidak baik untuk ibu hamil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi di atas dapat membantu anda.

Comments

comments

Related Posts

%d bloggers like this: