Cara Mengobati Sariawan Dengan Daun Jambu Biji

Cara Mengobati Sariawan Dengan Daun Jambu Biji – Apakah Anda sering mengalami sariawan? Sairawan atau dalam bahasa kedokteranya dikenal dengan sebutan stomatis adalah radang yang disebabkan oleh adanya bakteri. Biasanya sariawan ini sering terjadi di bagian pipi dalam mulu yang ditandai bercak putih. Penyakit ini tergolong dalam kategori penyakit ringan, namun terkadang membuat sang penderita kurang nafsu makan, lantaran di karenakan rasa perih ketika mengunyah atau memasukan makanan ke dalam mulut. Sariawan adalah salah satu masalah yang umum dialami oleh masyrakat. Sariawan ini disebabkan karena kekurang vitamin C . Faktor yang menyebabkan sariawan seperti:  Kurangnya asupan vitamin C, Kurang Minum air putih, terlalu banyak berbicara sehingga tenggorokan kering, melemahnya daya tahan tubuh, banyak mengkonsumsi maknan yang mengandung minyak sperti gorengan atau makanan lainya.

Bagaimana cara mengobati sariawan secara tradisional? Sebenarnya ada banyak ramuan herbal yang bisa kita gunakan untuk mengatasi sariawan ini, namun salah satu ramuan herbal yang sudah terbukti dan ampuh untuk mengatasi sariawan adalah ‘‘Daun Jambu Biji”.

Jambu biji atau dalam bahasa ilmiahnya Psidium guajava L. banyak mengandung berbagai zat gizi yang dapat digunakan sebagai obat. Menurut catatan Parimin S.P. dalam Jambu Biji: Budi Daya dan Ragam Pemanfaatannya (Penebar Swadaya, 2007), dalam tiap 100 gram jambu biji masak segar terdapat 0,9 g protein, 0,3 g lemak, 12,2 g karbohidrat, 14 mg kalsium, 28 mg fosfor, 1,1 mg besi, 25 SI vitamin A, 0,02 mg vitamin B1, 87 mg vitamin C, dan 86 g air, dengan total kalori sebanyak 49 kalori.

Sebagaimana kita ketaui tadi bahwa sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C, maka kandungan vitamin C pada jambu biji ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan jeruk manis yang hanya 49 mg per 100 g buah. Vitamin C itu terkonsentrasi pada kulit dan daging bagian luarnya yang lunak dan tebal. Kandungan vitamin C jambu biji memuncak saat menjelang matang.

Bagaimana cara menggunakan jambu biji sebagai obat sariawan?  Untuk membuat ramuan sariawan dari jambu biji sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa helai daun jambu biji, kemudian cuci dan rebus dengan 1 liter air kemudian di tambah 1 jari kulit batang jambu biji tadi. Setelah itu saring dan minum 2 kali sehari dan lihat hasilnya.

Untuk ramuan kedua, yaitu amil daun jamu biji yang masih muda kira-kria 3-4 lembar kemudian ambil juga daun sirih 2 lembar. Cuci daun jambu biji dan daun sirih tadi kemdian tumbuk hingga halus. Setelah semua halus dan menjadi adonan, kemudian tambahkan air dan peras adonan tadi amil air nya dan kumur-kumurkan 2-3 kali sehari.

Itulah tadi Cara Mengobati Sariawan Dengan Daun Jambu Biji dan daun sirih, semoga artikel ini bisa membantu Anda, jika belum jelas silakan komentar . Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami…

 

Comments

comments

Related Posts

%d bloggers like this: