Bahaya Merokok Bagi Kesehatan dan Keluarga

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan dan Keluarga – Rokok adalah silinder dari kertas  yang berisi tembakau dan zat nikotin. Dewasa ini rokok sudah menjadi kebudayaan kita, tak heran jika mulai dari anak kecil hingga orang tua banyak yang merokok. Namun, dibalik enak nya rokok terdapat zat bahaya yang bisa merusak paru-paru kita yaitu zat nikotin. Tahukan Anda bahwa setiap kali perokok menghirup asap rokok, entah sengaja atau tidak, berarti juga mengisap lebih dari 4.000 macam racun. Jika Anda menghisap rokok, bearti itu sama saja memasukan racuk ke dalam tubhn Anda. Mungkin sebagian perokok berasumsi bahwa jika mereka berhenti merokok, maka akan timbul penyakit dan dia sudah mencoba untuk berobat, namun tidak sembuh dan jika mereka mulai menghisap rokok penyakit yang mereka alami sembuh? Entah mitos atau alasan saya juga tidak tau! Banyak penyakit yang ditimbulkan akibat merokok ini.

Saat ini jumlah perokok, khusunya di Indonesia dalam kategori  perokok remaja terus bertambah, Keadaan ini merupakan tantangan berat bagi upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Organisasi kesehatan sedunia (WHO) telah memberikan peringatan bahwa dalam dekade 2020-2030 tembakau akan membunuh 10 juta orang per tahun, 70% di antaranya terjadi di negara-negara berkembang.  Melalui resolusi tahun 1983, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan pada tanggal 31 Mei sebagai Hari Bebas Tembakau Sedunia.  Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan oleh banyak orang.

Salah satu penyakit utama yang bisa perokok dapatkan  adalah menderita penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung karena ketergantungan berat merokok. Kenapa rokok, kok bisa menjadi budaya kita? Kebiasaan merokok tentu dimulai dari lingkungan, jika lingkungan kita banyak yang merokok tentu kita akan ikut-ikutan. Tercatat bahwa perokok sekarang ini selalu meningkat setiap tahunanya. Apa lagi sekarang ini kita bisa dengan bebas mendapatkan rokok, tanpa ada batasan usia. Pada dasarnya rokok, bukanlah ajang untuk gaul masih banyak hal yang bermanfaat selain merokok, seperti bekarya dan menciptakan prestasi.

Salah satu dampak negatif dari mengorkok ini adalah timbulnya resiko serangan stroke sebesar. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan otak dan, bahkan kematian. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami aneurisma otak. Karena pada rokok mengandung Benzene, yaitu Zat yang ditambahkan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini juga dikaitkan dengan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal, Aneurisma dan leukimia. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa pecah dan mengakibatkan pendarahan di otak.

Rokok yang bahan utamanya dari tembakau tentu hal tersebut tidak terlepas dari penyedia nya. Di Indonesia sendiri tembakau ditambah cengkih dan bahan-bahan lain dicampur untuk dibuat rokok kretek. Selain kretek, tembakau juga dapat digunakan sebagai rokok linting, rokok longlat,  rokok putih, cerutu, rokok pipa, dan tembakau tanpa asap atau dikenal dengan istilah chewing tobacco..  Komponen gas asap rokok adalah karbon monoksida, amoniak, asam hidrosianat, nitrogen oksida, dan formaldehid. Partikelnya berupa tar, indol, nikotin, karbazol, dan kresol. Zat-zat ini beracun, mengiritasi, dan menimbulkan kanker.

Penyakit Yang Timbul Akibat Merokok

 

1.Merokok dapat menyebabkan Penyakit Paru-paru

Tidak diragukan lagi banyak penelitian yang membuktikan bahwa Salah satu efek paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Karena rokok banyak mengandung bahan kimia yang berpotensi merusak sel-sel pada paru-paru yang bisa membentuk sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa Anda alami adalah bronkitis, pneumonia, dan emfisema.

Tahukan Anda bahwa bada tubuh perokok akan ada perubahan struktur dan fungsi saluran napas dan jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar, sel mukosa membesar (hipertrofi) dan kelenjar mucus bertambah banyak (hiperplasia). Pada saluran napas kecil, terjadi radang ringan hingga penyempitan akibat bertambahnya sel dan penumpukan lendir. Pada jaringan paru-paru, terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveoli.  Akibat perubahan anatomi saluran napas, pada perokok akan timbul perubahan pada fungsi paru-paru dengan segala macam gejala klinisnya.  Hubungan antara merokok dan kanker paru-paru telah diteliti dalam 4-5 dekade terakhir ini. Didapatkan hubungan erat antara kebiasaan merokok, terutama sigaret, dengan timbulnya kanker paru-paru.

2. Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung koroner

Bagi Anda perokok berat, semoga setelah membaca artikel ini Anda bisa berniat mengurangi atau bahkan berhenti merokok karena jika Anda terus merokok, maka akan timbul risiko terbesar untuk mati mendadak.  Risiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok. Risiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang diisap. Penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko merokok bekerja sinergis dengan faktor-faktor lain, seperti hipertensi, kadar lemak atau gula darah yang tinggi. Perlu kita bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung koroner berkurang dengan 50 persen pada tahun pertama sesudah rokok dihentikan. Oleh karena itu coba mulailah untuk mengambil tindakan yang tepat untuk berhenti merokok.

3.Merokok dapat Mengakibatkan Penyakit Tulang

Sebagaimana kita ketahui tadi bahwa rokok setidak nya mengandung 4000 macam racun. Zat kimia atau racun pada rokok bisa merusak tulang dengan cara menghentikan kerja sel-sel konstruksi. Dan jika Setengah hidup Anda dihabiskan untuk merokok maka akan berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Racun rokok juga bisa mengganggu keseimbangan hormon-hormon yang bertugas menjaga tulang tetap kuat, seperti hormon estrogen.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Nikotin Dalam Tubuh Secara Alami

Sebenarnya masih ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh rokok ini, namun mungkin pada kesempatan kali ini saya hanya berbagi beberapa saja dan hal yang terpenting dari itu adalah bagaimana caranya agar kita bisa berhenti merokok. Tentunya hal tersebut dimulai dari diri kita sendiri dan bukan karena untuk pamer, pergaulan dan pengen dilihat orang keren. Saya yakin pada dasarnya kita tidak ingin merokok, namun kalau sudah terlanjur ya, sudahlah dan fokus kita sekarang ini adalah mulai mengurangi dan berhenti merokok. Bahaya merokok bukan hanya berdampak pada diri kita saja, namun akan berdampak pada keluarga bahkan umunya untuk orang lain. Salah satu dampak buruk untuk keluarga adalah banyaknya pengeluaran yang tidak penting. Tadinya uang yang kita dapatkan untuk bekerja, namun bukannya untuk diserahkan ke keluarga, tapi malah dipakai untuk keperluan merokok. Tentu hal ini akan memicu banyak permasalahaan keluarga. Tidak sedikit rumor yang menyatakan bahwa keluarga cerai karena masalah rokok. Oleh sebab itu sebelum terlambat cobatlah untuk berfikir jernih dan bergaul dengan teman yang tidak merokok.  Itulah tadi sedikit informasi mengnai Bahaya Merokok Bagi Kesehatan dan Keluarga  , semoga dengan membaca artikel ini bisa memotivasi Anda untuk menjauhi rokok lagi. Coba uangnya di tabung saja dan digunakan untuk investasi

Comments

comments

Related Posts

%d bloggers like this: