Apa itu penyakit hiperlipidemia?

Apa itu penyakit hiperlipidemia? – Hiperlipidemia atau yang dikenal dengan beberapa sebutan seperti hyperlipoproteinemia, dislipidemia adalah terlalu banyaknya kolestrol di dalam darah. Kolestrol disini adalah Lemak yang berfungsi energi sebagai sumber energi yang sangat dibutuhkan di dalam tubuh manusia sebagai proses metabolismenya. Ada banyak sekali seumber yang bisa dihasilkan untuk menciptakan lemak, yaitu melalui makanan atau juga terbentuk dari dalam tubuh sendiri. Terlalu banyak kadar lemak juga tidak baik bagi kesehtan kita dan akan menyebabkan banyak penyakit, salah satunya adalah penyakit Hiperlipidemia.

Kolesterol dibawa melalui darah ke sel oleh lipoprotein yang baik untuk low densit (LDL) atau high density (HDL). lipoprotein disini berfungsi sebagai kendaraan dan kolesterol sebagai penumpang. HDL.

 Kadar kolesterol yang rendah akan lebih baik dibanding dengan kolesterol yang tinggi, meskipun kalau terlalu rendah tidak baik buat kondisi tubuh. Rentang aman idelanya kolesterol seseorang adalah dalam batasan antara 140 sampai 200 mg/dL, bila seseorang berada mendekati angka 300 untuk ukuran kadar lemaknya, maka akan sangat berisiko terkena serangan jantung dan jenis penyakit fatal lainnya.

”hiperlipidemia adalah : kehadiran menaikkan tingkat atau abnormal lipid dan / atau lipoprotein dalam darah. Lipid (molekul lemak) yang diangkut dalam kapsul protein, dan kepadatan lipid dan jenis protein menentukan nasib partikel dan pengaruhnya pada metabolisme”  Referensi : news-medical.net dan medicalnewstoday.com

Berikut adalah beberapa poin penting tentang hiperlipidemia

1. Hiperlipidemia adalah salah satu penyakit yang menjadi faktor utama untuk penyakit jantung.

2. Hiperlipidemia juga disebut kolesterol tinggi, hiperkolesterolemia, atau hipertrigliseridemia.

3. low density lipoprotein atau (LDL) Kolestrol Buruk

4. low density lipoprotein (LDL) Kolestrol Baik

5. Wanita memiliki peluang bisa terserang kolestrol tinggi dibantingak Pria

6, Hati memproduksi 75% dari kolesterol.

7. Makanan nabati tidak mengandung kolesterol.

8.Hypothyroidism (tiroid kurang aktif) dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

9. Diet tinggi lemak jenuh berkontribusi hiperlipidemia.

10. Memiliki kelebihan berat badan bisa meningkatkan kolesterol.

11. Berolahraga  secara teratur dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan
menurunkan kolestrol buruk (LDL).

12. 1 dari 500 orang di seluruh dunia memiliki hyperlipidemia

Apa Penyebab Penyakit  Hiperlipidemia?

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan Penyakit Hiperlipidemia salah satunya adalah pola makan yang kurang baik seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan berlemak. Selain itu faktor usia juga menjadi faktor lain dalam hal penyakit ini Semakin tua usia seseorang, maka kadar kolesterol didalam tubuh juga akan semakin tinggi. Dan biasanya seorang laki-laki akan mempunyai kadar kolesterol lebih tinggi dibandingkan dengan seorang perempuan. Tetapi setelah melewati masa menopouse, seroang wanita juga akan mengalami peningkatan kadar koelterol dalam tubuhnya. Dan beberapa kondisi yang bisa meningkatkan kadar koelsterol. Penyebab lain hiperlipidemia mungkin termasukminum alkohol yang berlebihan, obesitas, efek samping dari obat-obatan seperti hormon atau steroid, diabetes, penyakit ginjal, kelenjar tiroid kurang aktif, banyak merokok, kurang istirahat, kurang berolahraga. 

Tanda dan Gejala Hiperlipidemia

Pada umunya seseorang yang terkena penyakit hiperlipidemia biasanya tenda-tanda nya seperti kolestrol tinggi, serangan jantung atau stroke dan kemudian barulah lama kelamaan mengalami penyakit hiperlipidemia.

familial, seseorang bisa menunjukkan tanda-tanda kolesterol tinggi dengan pertumbuhan lemak kekuningan (xanthomas) di sekitar mata atau sendi. Jika tidak, hiperlipidemia tidak memiliki tanda-tanda atau gejala, dan kecuali mengambil dengan profil lipid puasa, kolesterol tinggi akan tetap tidak terdeteksi. Bisa juga gejala atau tanda-tandanya seberti pembentukan urat daging didalam kulit, terjadi pembesaran hati dan limpa, sering nyeri perut.

Comments

comments

Related Posts

%d bloggers like this: