Masker Mulai Langka, Bisa Beli Disini atau Buat Sendiri

Masker Mulai Langka, Beli Disini atau Buat Sendiri
Ketersediaan dan menipisnya stok masker disaat sekarang mulai membuat masyarakat menggunakan dari bahan kain. Selain mudah didapar, masker kain bisa digunakan sebagai alternatif karena harga yang lebih terjangkau. Disebut demikian karena kain masker dapat digunakan kembali sehingga tidak perlu menguras kantong untuk membeli masker yang saat ini mahal dijual.

Menurut, dr. Erlina Burhan, Sp.P (K), M.Sc, Ph.D, dokter spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi (paru) di RSUP Persahabatan, masker kain bisa menjadi alternatif untuk masyarakat sehat dalam menjaga diri dari penularan virus corona. Meski begitu, dr. Erlina menyebut bahwa masker kain memang tidak seefektif masker bedah dalam menyaring partikel. 

"Masker kain ini dapat digunakan oleh orang sehat untuk dan digunakan di tempat umum dan fasilitas lainnya, tapi tetap harus menjaga jarak 1-2 meter. Masker dari bahan kain ini tidak dapat melindungi dari masuknya partikel berbahaya dan tidak direkomendasikan (digunakan) oleh staf medis, dengan alasan bahwa 40-90 persen dari partikel dapat menembus topeng kain", kata Dr Erlina.

Meski tidak seefektif masker bedah dalam menyaring partikel, namun dr. Erlina juga menyebut bahwa masker kain ini memiliki keuntungan karena bisa dipakai berulang.

"Karena deterjen dan air panas dapat membunuh virus, maka cucilah masker kalian dengan deterjen dan jika perlu gunakan air dengan suhu yang panas. "kata Dr Erlina.

Bagi Kalian yang ingin mencoba membuat masker kain di rumah, Kalian bisa memanfaatkan kain perca alias kain sisa yang sudah tidak dipakai lagi. Selain itu, cara membuatnya juga terbilang mudah dan bisa Kalian langsung praktikan sendiri. 


Untuk kalian yang ingin membeli langsung masker kain buatan rumah dengan HARGA TERJANGKAU 

Silahkan hubungi kami di :

https://wa.widget.web.id/fd3102


Dan bagi Kalian yang penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat masker kain di rumah, berikut informasinya untuk Kalian.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
Kain perca (untuk luaran)
Kain katun (untuk dalaman)
Karet untuk tali masker
Kardus bekas atau karton untuk membuat pola
Gunting
Jarum
Benang (sesuaikan warnanya dengan kain)
Jarum pentul
Penggaris
Pensil

Langkah-langkah
1. Cuci tangan kalian dan bersihkan semua peralatan yang digunakan
2. Buat model kertas karton atau kardus dengan pola yang dikehendaki

Masker Mulai Langka, Bisa Beli Disini atau Buat Sendiri

3. Selanjutnya, potongan kain katun dan perca sesuai model sebelumnya. Namun, ketika memotong ukurannya harus melebihi semua sisi. Dimana bagian bawah dan atas melebihi 0,7 cm, dan karena sisi samping 1,5 cm.
4. Langkah berikutnya, lipat kain katun dan kain perca.
5. Setelah lakukan jahitan dalam bentuk "V", tapi sebelum tusukan pertama dijahit dengan pin sehingga kain tidak bergerak.
6. Jika "V" telah dijahit, kain perca sudah disatukan (untuk lapisan luar) dan kapas (untuk lapisan bagian dalam).
7. Kemudian tusukan dengan pin di semua sisi sehingga kain tidak bergerak.
8. Jahit juga di sekitar sisi menjadi satu. kalian bebas untuk menggunakan pola apapun, yang terpenting asal jahitannya. Namun, jangan lupa untuk meninggalkan jahitan pada sisi samping.
9. Kemudian Balik masker yang sudah dijahit, dan lipat sisi samping (yang tidak dijahit di muka) ke tengah, dan jahit.
10. Untuk membuat tali masker, lipat sisi samping ke tengah, dan jahit. Lakukan langkah ini pada sisi samping masker satunya.

Masker Mulai Langka, Bisa Beli Disini atau Buat Sendiri

11. Siapkan dua tali karet dengan panjang 33 cm (panjangnya silahkan disesuaikan dengan ukuran wajah).
12. Masukkan tali karet dengan cara peniti ke dalam lipatan masker di samping.
13. Kalau sudah, tali karet yang dijahit bisa dipakai dan kalian harus melakukan langkah ini untuk bagian-bagian lain dari masker.
14. Sebuah masker kain perca karya rumahan siap untuk kalian digunakan.

Bagaimana tertarik mencoba membuat masker sendiri di rumah? Semoga berhasil!

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Masker Mulai Langka, Bisa Beli Disini atau Buat Sendiri"

  1. saya sudah membaca tulisan anda dan juga saya telah membaca tulisan dengan topik ini di beberapa artikel dari sumber lain. banyak informasi yang saya dapat dari tulisan anda, apakah ada saran lain yang bisa anda sampaikan terkait tema tulisan anda ini? agar saya dapat informasi yang lebih banyak dan lengkap.

    saya tentunya berterima kasih kepada anda karena telah menulis artikel ini dengan baik, semoga menjadi referensi dalam jurnal atau tulisan ilmiah lainnya dan bisa membantu banyak orang. terima kasih.

    Kunjungin Kampus Terbaik di Medan

    BalasHapus