Penyebab Kolesterol Tinggi Dan Pencegahannya

Penyebab Kolesterol Tinggi – Istilah atau kata Kolesterol tinggi, mungkin sering kali kita dengar terutama di dunia medis. Sebenarnya apa sih kolestrol tinggi itu? Tentunya menjadi buah pertanyaan mendasar bagi kita, yang mungkin sama sekali belum paham tentang defenisi atau arti dari kolestrol tinggi tersebut. Jadi pada dasarnya kolestrol adalah lemak lunak diproduksi oleh tubuh yang dihasilkan dari sumber makanan.  Biasanya tubuh bisa menghasilkan kolesterol sebanyak 800 mg setiap harinya. Bagian tubuh yang memproduksi kolesterol ini adalah hati, sedangkan kolesterol yang dihasilkan dari sumber makanan bisa didapatkan dari beberapa makananan seperti daging, seafood, kuning telur, susu dan margarin. Jika kolestrol yang kita miliki itu normal, maka itu sangat baik sekali untuk kesehatan kita, namun sebaliknya jika terlalu banyak kolestrol atau yang seing kita sebut dengan kolestrol tinggi, maka itu tidak baik untuk kesehatan tubuh kita karena dapat mengakibatkan resiko kangker, stroke dan beberapa penyakit komplikasi lainya.

Kolesterol tinggi berhubungan seberapa banyak kadar kolesterol yang berada di dalam tubuh kita, biasanya kolestrol tinggi disebabkan karena kolestrol berada di atas batas normal. Biasanya Kolesterol tinggi terjadi pada orang yang berusia diatas 20 tahunan dan seiring dengan bertambahnya usia, kolesterol di dalam tubuh akan meningkat. Kolesterol tinggi yang dapat membahayakan tubuh adalah kandungan kolesterol jahat atau dalam dunia medisnya disebut ”low density lipoprotein” (LDL).

Kita harus sadar bahwa kesehatan itu sangat penting, oleh karena itu untuk memanstikan apakah Anda memiliki kolestrol tinggi atau tidak, sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter. Cek dengan rutin kesehatan Anda ke medis atau dokter, biasanya untuk melakukan pengecekan kolestrol ini tidak memakan waktu yang cukup lama, Dokter hanya mengambil sample darah Anda dan kemudian dibawa ke labolaturium atau dengan alat khusus sehingga memudahan proses pengecekan.

Baca Juga: Apa itu Kolesterol? Apa dampak Bagi Kesehatan? dan Cara Mengatasinya

Makanan penyebab kolesterol tinggi

Hindari makanan yang menyebabkan kolestrol tinggai, karena dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolestrol tinggi, maka otomatis kolestrol Anda juga akan naik. Perlu dipahami bahwa seiring bertumbuhnya umur, maka kolestrol jahat juga semakin berkembang biak di dalam tubuh, sebaiknya kontrol selalu pola makan Anda. Jangan terlalu mengikuti hawa nafsu makan, karena itu tidak baik untuk kesehtan Anda. Makanlah sewajarnya saja tanpa harus berlebihan.

Makanan yang banyak mengandung kolesterol tinggi

1. cumi-cumi
2. kuning telur
3. otak sapi / Daging
4. telur puyuh
5. Magrarin/Menterga
6. Kacang-kacangan

Apa sajakah Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi?

1. Faktor Makanan

Salah satu faktor yang menyebabkan gejala kolestrol tinggi adalah karena menu makanan yang tidak terkontrol dan teratur. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolestrol, seperti yang telah saya jelaskan diatas. Pada dasarnya kolesterol sudah diproduksi di dalam tubuh manusia terutama di bagian Hati. Hampir 80 % asupan kolesterol sudah dipenuhi oleh tubuh itu sendiri baru setelahnya dihasilkan dari sumber lain seperti makanan. Kebanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolestrol tentunya dapat memicu kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh kita meningkat sehingga melebihi 240 mg.

2. Faktor Usia dan Keturunan

Selain faktor makanan yang kurang terkontrol ternyata kolestrol tinggi ini bisa juga disebabkan dari faktor usia dan keturunan. Biasanya keturunan yang pernah mengalami kolestrol tingga akan menular ke keturunan berikutnya seperti bapak ke anak atau ibu ke anak. Faktor usia ketika seseorang memasuki usia 20 tahunan , maka kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh cendrung mengalami lonjakan atau peningkatan, oleh karena itu pastikan bahwa Anda selalu mengontrol pola makan, rajin berolahraga, konsumsi buah segar, hindari merokok dan alkohol yang tentunya dapat merusak diri Anda sendiri. penyebab kolesterol tinggi dan pencegahannya

3. Hindari Merokok

Bagi Anda yang terlanjur sudah merokok, saran kami agar Anda menguranginya, yang tadinya 1 kotak perhari, coba untuk menghisap 1 batang saja perhari, kemudian jika Anda sudah merasa bosan maka tinggalkan rokok tersebut. Rokok banyak mengandung zat nikotin yang memicu naiknya kadar kolestrol dalam tubuh Anda, selain itu ada banyak sekali modorot yang dihasilkan oleh rokok. Selain uang habis, rokok juga akan merusak sistem saraf dan jantung Anda, oleh karena itu kurang rokok dan bisa perlu jangan merokok.

4. Kurang Berolahraga

Sebagaimana telah saya jelaskan tadi diatas bahwa olahraga sangatlah penting untuk menurunkan kolestrol atau menghindari kolestrol tinggi. Bagi Anda yang masih jarang berolahraga, maka sempatkan waktu Anda untuk berolahraga minimal 20 menit di pagi hari agar stamina tubuh Anda selalu terjaga. Itulah tadi akibat kolesterol tinggi.

 

Comments

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: