Penyebab Jerawat Pada Wajah Membandel

Penyebab Jerawat Pada Wajah – Jerawat atau Acne terjadi akibat kondisi kulit yang tidak normal di mana terjadi infeksi oleh bakteri dan radang pada kelenjar minyak di kulit manusia.Jerawat bentuknya memang tidak sedap dipandang mata, selain mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.Selain itu jerawat juga terkadang menimbulkan efek yang cukup berbahaya seperti wajah memerah atau bahkan demam.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 85% populasi mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun, 15% populasi mengalaminya hingga usia 25 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun.

 

Apakah Yang Menjadi Penyebab Jerawat?

1. Aktivitas Hormonal yang Mengaktifkan Produksi Kelenjar Minyak Terlalu Aktif

Aktivitas hormonal disini dimaksudkan pada proses perubahan atau siklus hormonal yang terjadi pada seseorang.Ketika menginjak pubertas atau kedewasaan, seseorang akan memproduksi hormon androgens yang lumayan banyak sehingga menyebabkan sebum (kelenjar minyak) pun tambah banyak pula.Pada masa siklus menstrasi perempuan bisanya juga akan terjadi perubahan hormonal yang bisa mengakibatkan tingkat produksi kelenjar minyak berlebihan.

2. Penyumbatan pori-pori

Kulit mati yang menumpuk atau terakumulasi akan menyebabkan tersumbatnya tersumbatnya folikel dan pori pori hal tersebut bisa menyebabkan jerawat karena tidak ada jalan keluar bagi kelenjar minyak dan akan menyebabkan terbentuknya komedo.

3. Penginfeksian Bakteri

Bakteri Propionibacterium Acnes yang berada di dalam pori-pori kulit adalah faktor UTAMA penyebab jerawat dimana bakteri ini menginfeksi kelenjar minyak yang ada di dalam pori-pori kulit kita.

Ada beberapa tipe jerawat yang harus kita ketahui agar kita bisa mengira-ngira jerawat apa yang tumbuh pada wajah kita.Setidaknya ada 3 jenis jerawat, yaitu jerawat pasir,jerawat batu dan komedo.

 

Komedo.
Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang sangat mengganggu.Meskipun tidak begitu mengganggu,namun kehadiran komedo ini tentu membuat kita jengkel dan merasa tidak percaya diri ketika tambil di hadapan publik.

Jerawat biasa atau jerawat pasir.
Jenis jerawat klasik yang biasa disertai dengan tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan.
Jerawat jenis ini terjadi karena pori-pori yg tersumbat terinfeksi dgn bakteri.
Bakteri ini bisa yg terdapat dipermukaan kulit, bisa juga dari waslap, kuas makeup, jari tangan, juga telepon.
Cystic Acne (Jerawat Batu/Jerawat Jagung)
Inilah adalah jenis jerawat yang paling merusak tidak hanya secara fisik, tapi juga kepercayaan diri.
Penderita cystic-acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yg juga menderita jerawat jenis ini.
Banyak yang mengatakan jerawat jenis ini diakibatkan alergi baik terhadap debu atau makanan tertentu, namun secara medis dapat dikatakan hal ini disebabkan oleh kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab jerawat sangat minim.

Comments

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: