Masa Kadaluarsa Makanan (Expired Date)

Masa Kadaluarsa Makanan (Expired Date) – Setiap produk tentu memiliki masa kadaluarsa atau yang juga kita kenal dengan istilah Expired Date. Sebagai konsumen cerdas kita tentu harus memperhatikan label di setiap produk yang ingin kita beli karena sangat dikhawatirkan produk tersebut sudah kadaluarsa, namun masih dijual. Dewasa ini ada bebeapa oknum nakal yang rela menjual makanan yang sudah kadaluarsa demi mendapatkan keuntungan. Padahal produk yang sudah kadaluarga tentu tidak layak konsumsi lagi karena tidak baik untuk kesehatan.

Sejatinya ketika kita membeli makanan, jangan lupa untuk mencantumkan tabel, yang berisi tanggal kapan kita membuka bahan makanan. Periksa tabel tersebut sesekali, jangan-jangan sudah kadaluarsa. Selalu ingat untuk perhatikan masa kadaluarsa setiap bahan.

Berikut ini masa kadaluarsa untuk beberapa jenis makanan. Perlu diketahui, masa kadaluarsa bahan berikut ini berlaku setelah kemasan dibuka.

Masa Kadaluarsa Makanan (Expired Date)

– Cokelat bubuk: 1 tahun
– Bumbu utuh: 2-4 tahun
– Bumbu bubuk: 2-3 tahun
– Maizena: 18 bulan
– Pasta: 1 tahun
– Mayonaise (disimpan di dalam kulkas): 3 bulan
– Madu: 1 tahun
– Selai: 6 bulan
– Peanut butter: 2-3 bulan

Beberapa tips untuk mengetahui masa kadaluarsa produk. Jika Anda ingin memastikan produk makanan  itu masih baik atau tidak mungkin Anda bisa mencium bau makanan tersebut mengetahui aman atau tidaknya suatu makanan, memperhatikan tanggal kadaluarsa ternyata butuh pengetahuan lebih. Tanggal kadaluarsa di dunia industri makanan dan minuman terbagi menjadi dua yaitu: “shelf-life” atau “best-before” dan “use by” atau “expiration date”.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai Masa Kadaluarsa Makanan (Expired Date), semoga kita selalu teliti ketika ingin membeli produk terlebih makanan dan pastikan selalu Anda mengecek masa kadaluarsa.

COPY CODE SNIPPET

Comments

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: