Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat bawang putih untuk kecantikan dan kesehatan – Bawang putih memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bawang putih sering kali dijadikan bumbu atau rempah dapur karena memiliki cita rasa yang sangat harum,  namun terkadang aroma nya yang menyengat membuat sebagian orang tidak suka dan enggan mengkonsumsinya. Ya, menurut penelitian bahwa bawang putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit. Salah satu manfaat bawang putih adalah untuk mencegah dan mengobati jerawat. Bawang putih juga diyakini sebagai ramuan herbal yang sangat baik untuk kesehtan kulit, bagi Anda yang sedang mangalami gangguan jerawat mungkin Anda bisa memanfaatkan bawang putih sebagai salah satu alternatif ramuan herbal yang ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat. khasiat bawang putih Bisa Anda baca sebagai berikut!

Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan dari hasil studi & penelitian

 

1. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut Allicin

 

Bawang putih adalah tanaman yang termasuk dalam kategori keluarga Allium. Bawang putih hampir tumbuh di seluruh dunia dan menjadi salah satu bumbu yang populer dan banyak digunakan sebagai rempah masakan.  Namun, sepanjang sejarah penggunaan utama dari bawang putih adalah sebagai obat dan kecanikan. Karena bawang putih ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat. Bawang putih juga sudah dikenal sejak peradaban seperti Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi dan Cina. Senyawa allicin zat senyawa yang diyakini memberikan dampak baik bagi kesehatan.

 

 

2. Bawang putih Memiliki banyak Nutrisi dan Sedikit Kalori

 

Kalori yang terkandung pada bawang putih adalah!

A 1 ons (28 gram) porsi bawang putih mengandung:

Manganese: 23 persen dari RDA.
Vitamin B6: 17 persen dari RDA.
Vitamin C: 15 persen dari RDA.
Selenium: 6 persen dari RDA.
Serat: 1 gram.
Jumlah tersebut meliputi kalsium, kalium, fosfor, zat besi dan vitamin B1.
Bawang putih juga mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan bawang putih ini lebih baik dibandingkan yogurt

 

 

3. Bawang Putih Dapat Meredakan Penyakit Flue dan Pilek

Bawang putih memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan dan kecantian salah satunya adalah dapat mengatasi penyakit flue dan pilek. Studi menemukan bahwa mengkonsumsi bawang putih setiap hari dapat mengurang pilek sebesar 63%. Studi lain menemukan bahwa mengkonsumsi bawang putih sebanyak (2,56 gram per hari) dapat mengurangi pilek atau flu sebesar 61 persen. Bagi Anda yang terserang penyakit flue atau pilek, maka bawang putih adalah alternatif terbaik sebagai salah satu menu diet Anda. Intinya bahwa bawang putih ini dapat membantu mencegan dan mengurangi dari serangan flue dan pilek.

 

4. Senyawa aktif dalam bawang putih dapat Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

 

Tahukan Anda bahwa banyak mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan atau mengurangi tekanan darah tinggi. Penyakit seperti serangan jantung dan stroke adalah penyakit yang paling mematikan dan telah mengambil banyak korban setiap tahunya di seluruh dunia.  Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, merupakan salah satu penyakit yang paling ditakui, oleh karena itu penelitian menemukan bahwa kandungan pada bawang putih memiliki manfaat yang sangat baik bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa 600-1,500 mg pada bawang putih sama dengan mengkonsumsi obat atenolol yang dapat mengurangi tekanan darah selama periode 24 minggu.

 

5. Bawang Putih Dapat Menghindari dari Resiko Kanker

 

para peneliti menyebutkan bawa bawang putih meredam atau mencegah dari resiko penyakit kanker. Bawang putih layak disebut sebagai tanaman herbal anti kanker, kandungan sulfida alil terdapat dalam bawang putih yang menyebabkannya sebagai herbal anti kanker.

para penelitian menemukan kandungan PhIP, yaitu salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara2).

 

6. Bawang putih mengandung antioksidan yang Dapat Membantu Mencegah Penyakit Alzheimer

 

Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme pelindung tubuh terhadap kerusakan oksidatif atau radikal bebas. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada pasien yang memiliki tekanan darah tinggi. Khasiat lain dari bawang putih adalah mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi, serta dapat membantu mencegah penyakit otak yang umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

 

Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan Kulit

Bawang putih tidak hanya dapat dijadikan bumbu pada umunya, namun sebagaimana kita ketahui dari hasil riset diatas bahwa bawang putih memiliki banyak sekali khasiat terutama bagi Anda yang memiliki tekan darah tinggi. Bawang putih juga sangat ampuh dan efektif untu Anda gunakan sebagai ramuan kecantikan. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit seperti jerawat, komedo dan wajah kering mungkin bawang putih bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa Anda coba. Bawang putih juga bisa mengobati dan menghilangkan bekas luka. Untuk mengobati jerawat Anda bisa menghaluskan 1 siung bawang putih kemudian di haluskan dan dioleskan ke seluruh permukaan wajah, tunggu sekitar 10-15 menit hingga mengering dan kemudian cuci dengan menggunakan air bersih. Seian dulu artikel tentang : Khasiat bawang putih untuk kecantikan dan kesehatan. Semoga bisa membeikan Anda inspirasi dan ide setelah membaca arikel ini.

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: