Gejala Kanker Hati Banyak Tidak Diketahui Orang Berikut Ciri-cirinya!

Gejala kanker hati – Salah satu penyakit yang dapat membuat penderitanya memiliki harapan hidup yang rendah adalah kanker hati. Apabila seseorang didiagnosa menderita kanker hati, umumnya orang tersebut cuma bisa bertahan hidup dalam rentang waktu lima bulan saja. Hal tersebut dikarenakan penyakit kanker hati baru dideteksi ketika sudah masuk stadium lanjut.

Rino A Gani, seorang dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi dan hepatologi, mengungkapkan bahwa ketika masih di stadium awal, umumnya gejala kanker hati tidak akan tampak. Oleh sebab itu, ketika gejala kanker hati muncul saat memasuki stadium lanjut, maka penyembuhan penyakit yang satu ini juga tentu menjadi lebih sulit.

Gejala Kanker Hati Banyak Tidak Diketahui Orang Berikut Ciri-cirinya!

Gejala Kanker Hati

Gejala Kanker Hati

“Karena itulah kenapa umumnya pasien kanker hati telat didiagnosa, dan ketika didiagnosa penyakitnya sudah masuk stadium lanjut, ” ungkap dokter Rino dalam acara seminar media terkait penanganan kanker hati stadium lanjut.

Hampir semua intervensi medis memiliki suatu prinsip, yakni makin cepat pengobatan yang dilakukan terhadap suatu penyakit, maka lebih baik juga hasil pengobatannya. Begitu juga sebaliknya, jika makin lambat penanganan terhadap suatu penyakit, maka kemungkinan untuk sembuhnya juga semakin kecil.

Oleh sebab itu, kita semua harus berhati-hati jika mengalami gejala kanker hati stadium lanjut, seperti rasa sakit pada perut bagian kanan atas, kembung, nafsu makan berkurang, muntah, terdapat benjolan pada perut bagian kanan atas, mual, perut terasa penuh, serta penurunan berat badan secara drastis walau sedang tidak menjalankan program diet atau penurunan berat badan.

Disamping itu, juga ada gejala-gejala yang lebih spesifik bagi penderita kanker hati stadium lanjut, yakni mata dan kulit menjadi berwarna kuning, warna tinja pucat, badan lesu dan lemah, serta air kencing yang berwarna gelap.

“Apabila seseorang mengalami gejala-gejala seperti itu, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat,” ungkap dokter Rino.

Baca Juga:

 

Selain selalu waspada terhadap gejala kanker hati, kita juga harus senantiasa memperhatikan hal penting lainnya seperti rajin berolahraga, menjaga pola makan yang sehat, serta selalu menjaga kesehatan tubuh.

Disamping itu, kita juga harus melakukan deteksi dini sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit kanker hati. Khususnya bagi orang-orang yang keluarganya memiliki riwayat hepatitis, kanker hati, serta sirosis hati. Pendeteksian dini dapat dilakukan dengan memeriksakan diri pada laboratorium dan fasilitas kesehatan lain.

COPY CODE SNIPPET

Comments

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: