47 Cara Mengatasi Jerawat Secara Tradisional Tanpa Efek Samping

47 Cara Mengatasi Jerawat Secara Tradisional Tanpa Efek Samping Cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel memang susah susah gampang untuk dilakukan, karena jenis kulit masing-masing manusia itu berbeda-beda. Ada jenis kulit yang berminyak dan ada jenis kulit yang kering. Sehingga dalam hal penghilangan bekas jerawat waktu yang dibutuhkan oleh setiap orang akan berbeda, biasanya kulit wajah yang berminyak akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghilangkan bekas jerawat daripada kulit wajah yang kering. Banyaknya minyak yag diproduksi oleh kulit wajah seseorang akan berpengaruh pada munculnya kembali jerawat-jerawat di wajah Anda, oleh karena itu perawatan yang ekstra dibutuhkan oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak. Bekas jerawat di wajah memang sangat mengganggu, lama kelamaan bekas jerawat akan menghitam dan membekas di wajah, Bekas jerawat di wajah seseorang ada yang bisa menghilang secara perlahan seiring berjalannya waktu, tetapi ada juga yang semakin bertambah umur, bekas jerawat itu justru makin membesar dan bukannya menghilang. Jika terus dibiarkan maka akan sangat mengganggu penampilan Anda. Noda di wajah tentunya akan membuat penampilan Anda tidak maksimal dan noda bekas jerawat ini biasanya susah disamarkan meskipun dengan makeup tebal sekalipun.

Cara menghilangkan bekas jerawat sebenarnya ada pada diri Anda sendiri, terkadang ketidaktahuan Anda seputar kesehatan kulit wajahlah yang membuat jerawat terus menerus berdatangan dan tidak mau hilang dari wajah Anda. Masyarakat Indonesia memang rentan sekali bermasalah dengan kulit wajah, karena negara kita adalah negara yang selalu terpapar sinar matahari sehingga minyak yang berlebih sering mengganggu kesehatan kulit wajah Anda. Hal ini bisa dihindari seandainya Anda sedikit lebih perhatian pada kesehatan Anda dan menjaga dengan baik wajah Anda yang tentunya merupakan asset yang sangat berharga bagi Anda. Sebelum jerawat mulai bermunculan dan membekas di wajah Anda, ada baiknya Anda perhatikan hal-hal penting berikut ini:

47 Cara Mengatasi Jerawat Secara Tradisional Tanpa Efek Samping

 Cara Mengatasi Jerawat Secara Tradisional Tanpa Efek Samping

Cara Mengatasi Jerawat Secara Tradisional Tanpa Efek Samping

Makanan-Makanan Yang Menimbulkan Jerawat
Makanan-makanan yang lezat dan merupakan kesukaan Anda justru adalah penyumbang terbesar penyebab jerawat bermunculan di wajah Anda. Karena makanan-makanan tersebut mengandung lemak sehingga akan menyebabkan Anda berjerawat. Apalagi jika Anda mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah yang banyak. Makanan-makanan yang dimaksud adalah es krim, makanan siap saji, kacang-kacangan, mie instan, santan kental, makanan yang banyak mengandung MSG, gorengan, makanan berlemak, kue-kue manis, makanan berkarbohidrat tinggi, susu full cream, seafood kecuali ikan dan juga banyak makanan berlemak lainnya. Bukan berarti Anda tidak boleh memakan makanan itu ya, boleh saja asal dengan porsi yang sesuai diimbangi dengan makanan bergizi seperti sayuran dan buah setiap hari. Selain itu Anda juga mulai rajinlah berolahraga sehingga kulit wajah Anda menjadi lebih segar.

Faktor Penyebab Jerawat
Ada banyak faktor penyebab timbulnya jerawat dan bekas jerawat yang tidak mau hilang. Biasanya faktor ini dibedakan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang pertama adalah faktor hormonal adalah faktor yang berkaitan dengan produksi hormone pada tubuh manusia, contohnya gadis yang akan mengalami masa haidnya akan berjerawat karena produksi hormonnya meningkat. Kedua adalah faktor bakteri. Bakteri ini dapat muncul akibat Anda malas membersihkan wajah, misalnya pada saat hendak tidur di malam hari Anda tidak membersihkan wajah terlebih dahulu sehingga menimbulkan jerawat dan nantinya apabila terus dilanjutkan kebiasaan ini maka jerawat Anda akan terus bertambah dan membekas di wajah Anda. Ketiga faktor pemilihan make up, ada kalanya Anda tidak cocok pada merk make up tertentu, hal tersebut jika tidak segara dihentikan penggunaan makeupnya maka akan membuat kulit Anda iritasi dan menyebabkan timbulnya jerawat yang membekas. Keempat juga bisa disebabkan karena faktor keturunan, apabila orangtua Anda adalah orang yang mudah terkena jerawat maka demikian pula yang akan terjadi pada Anda. Sedangkan faktor internal meliputi faktor lingkungan Anda, misalnya Anda tinggal di lingkungan yang banyak sekali polusi udaranya sehingga wajah Anda cepat kusam dan berjerawat, jika Anda tidak rajin membersihkan wajah maka Anda akan terus berjerawat dan sulit menghilangkan bekasnya meskipun menggunakan yang paling ampuh dalam hal cara menghilangkan bekas jerawat.

Faktor Dan Cara Medis Menghilangkan Bekas Jerawat
Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat? Hal ini seringkali menjadi bahan pertanyaan banyak orang, terutama mereka yang melakukan perawat medis. Pada dasarnya jerawat yang timbul terutama pada bagian wajah seringkali meninggalkan bekas yang bahkan dapat berakibat secara permanen. Bekas jerawat tersebut selain meninggalkan bekas dalm bentuk noda hitam, terkadang ia juga meninggalkan bekas seperti halnya kulit yang memiliki lubang-lubang karena bekas keluarnya dari jerawat itu sendiri. Hal seperti inilah yang pada akhirnya seringkali membuat para penderita dari penyakit jerawat merasa kesal dan bahkan tidak memiliki kepercayaan diri, karena luka bekas jerawat yang ditimbulkannya tersebut.

Terapkan Gaya Hidup Sehat
Cara menghilangkan bekas jerawat paling ampuh adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat yang pertama adalah dengan rutin berolahraga, karena dengan begitu Anda sering mengeluarkan keringat dan membiarkan segala macam bakteri yang ada dalam kulit wajah Anda keluar bersama keringat Anda. Kedua, jangan mudah stress, karena percaya atau tidak stress juga menyebabkan hormone Anda bergejolak dan akhirnya menimbulkan jerawat yang membekas. Ketiga, perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per harinya, dengan minum air putih metabolisme tubuh Anda akan semakin lancar. Keempat, banyaklah makan buah dan sayuran untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah Anda. Kelima, jika Anda memiliki jerawat, jangan sekali-kali Anda memencet-mencetnya, karena itulah yang justru membuat jerawat Anda membekas dan tidak mau hilang. Keenam, jangan malas membersihkan wajah, setiap pulang dari bepergian Anda harus menghapus make up Anda dan mencuci wajah Anda dengan sabun muka, jika perlu pakailah masker 2-3 kali dalam seminggu. Ketujuh, jangan suka begadang dan hindari minuman beralkohol serta rokok, jika kesemua gaya hidup sehat ini Anda terapkan secara terus menerus maka dijamin bekas jerawat Anda akan hilang dan jerawat tak akan mau lagi datang di wajah Anda. Itulah Hal-hal yang wajib diketahui untuk menghilangkan bekas jerawat yang semoga informasi tersebut dapat bmemberi manfaat.

Faktor Dan Cara Medis Menghilangkan Bekas Jerawat
Untuk melakukan penanganan atas luka bekas jerawat tersebut, baik yang berupa noda hitam saja atau bahkan dengan bekas luka yang menimbulkan kulit menjadi tidak rata, itu dapat dilakukan melalui beberapa cara. Beberapa cara tersebut biasanya dianjurkan oleh seorang dokter kulit atau tenaga medis lainnya, yang memiliki andil cukup besar dalam bidang perawatan kulit, terutama dalam hal penyakit jerawat. Berikut ini adalah beberapa cara atau bahkan tehnik yang biasanya dianjurkan tersebut, diantaranya melalui terapi laser dan juga dermabrasi, atau bahkan hal lainnya. Akan tetapi cara atau bahkan tehnik yang dianjurkan tersebut, biasanya ditentukan berdasarkan beberapa faktor, yang diantaranya adalah :

Luas Area Wajah
Luas area yang dimaksud dalam faktor ini, adalah luas area dari noda hitam atau kulit yang tidak merata akibat dari bekas luka jerawat yang ditinggalkannya. Arena yang satu ini pula merupakan bentuk acuan bagi luas area untuk dihilangkannya bekas jerawat tersebut sebagai salah satu bentuk dari cara menghilangkan bekas jerawat.

Dalam Permukaan
Dalam permukaan adalah faktor kedua yang perlu diperhatikan, hal ini tentunya berkaitan dengan luka bekas jerawat yang ditinggalkan dalam bentuk kulit yang menjadi tidak merata. Biasanya kulit tersebut menjadi bagian yang tidak rata, sehingga menimbulkan adanya perbandingan kedalaman antara permukaan kulit yang masih bagus dengan permukaan kulit bekas jerawat yang cenderung menjorok ke bagian dalam.

Dua faktor diataslah yang pada akhirnya menjadi bagian penting untuk diperhatikan terutama dalam melakukan perawatan seperti yang sudah dianjurkan di bagian atas, baik itu secara terapi laser, atau bahkan dermabrasi. Selain kedua faktor yang harus diperhatikan tersebut diatas, penderita dari penyakit jerawat juga perlu memeriksakan kondisi dari bekas jerawatnya tersebut terlebih dahulu, sebelum melakukan beberapa cara untuk memudarkan luka bekas jerawat tersebut. Kondisi ini biasanya dapat dibagi menjadi beberapa macam perawatan, seperti halnya yang akan dijelaskan pada bagian di bawah ini :

Perawatan Kondisi Ringan
Pada kondisi yang satu ini, biasanya penderita jerawat masih dalam keadaan yang cukup normal, yang mana mereka dikategorikan dalam keadaan jerawat ringan. Selain itu, cara untuk menghilangkan atau bahkan memudarkan bekas jerawat yang perlu dilakukan pun cukup mudah, yang mana penderita hanya perlu diberikan hidrokuinon 2% dalam perawatan kulit bekas jerawat yang ditinggalkannya. Kadar 2% dari Hidrokuinon itu masih berada dalam tahap dosis yang aman, sehingga Anda selaku penggunanya tidak perlu merasa takut akan hadirnya efek samping yang lain.

Perawatan Krim Malam
Pada kondisi yang satu ini bekas jerawat dapat disamarkan melalui penggunaan krim malam yang biasanya telah diresepkan oleh dokter atau tenaga medis lainnya dalam bidang kecantikan kulit. Pemberian obat dalam bentuk krim malam biasanya akan mengandung beberapa jenis kandungan seperti halnya asam retinol, yang mana jenis kandungan ini dipercaya untuk menyembuhkan atau menyamarkan noda bekas yang telah ditinggalkan oleh jerawat pada bagian kulit Anda.

Perawatan Chemical Peeling
Perawatan yang satu ini bisanya dianjurkan sebagai perawatan terakhir apabila kedua cara perawatan di atas tidak atau telah dilakukan, Perawatan ini dilakukan untuk menghilangkan atau memudarkan luka bekas jerawat yang cukup membandel, dan biasanya lebih dikenal dengan istilah Precedure chemical peeling.

Pada beberapa jenis perawatan dari bekas jerawat yang sudah dijelaskan pada bagian atas, terdapat dua tujuan yang sama terutama pada jenis perawatan dengan krim malam dan juga perawatan precedure chemical peeling. Tujuan yang sama diantara dua perawatan itu adalah tujuannya yang lebih mempercepat gerak dari regenerasi kulit pada sang penderita jerawat. Sehingga pada akhirnya sel-sel kulit mati tersebut pun akan mengelupas dan diganti dengan sel-sel kulit yang masih baru dan dalam keadaan lebih fresh.

Comments

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: