Buah-buhan yang banyak mengandung Vitamin C yang Baik Untuk Kesehtan

Buah-buhan yang banyak mengandung Vitamin C yang Baik Untuk Kesehtan –  Kesehatan memang sangat penting apa lagi selalu memperhatikan asupan vitamin dalam diri kita. Dan pada topik pembahasan kita kali ini adalah mengenai vitamin C. Salah satu penyebab kenapa kita sering sariawan adalah daya tahan tubuh kita kurang terhadap asupan vitamin C. Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal bahwa jeruk adalah sumber utama dari vitamin C? Padahal masih banyak buah-buahan yang menghasilkan vitamin C, bahkan kandungannya lebih banyak dari buah jeruk. Salah satunya yang paling banyak setelah jeruk adalah buah kiwi dan jambu.Fungsi vitamin C bagi tubuh sangatlah penting untuk pembentukan kolagen, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu penyerapan zat besi. Kekurangan vitamin C di dalam tubuh bisa mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan seperti nyeri sendi dan anemia. Sementara kasus kelebihan vitamin C cukup jarang terjadi, karena vitamin ini termasuk jenis yang mudah larut dalam air sehingga mudah hilang bersama air seni dan keringat. Baca Juga: Kerugian dan Manfaat kafein pada kopi 

Apa Manfaat Vitamin C Bagi Kesehtan Tubuh Manusia?

Dapat Melawan kanker

Vitamin C sangat berperan penting dalam proteksi melawan kanker. Kekurangan vitamin C tentu sangat tidak baik bagi kesehtan kita, apa lagi bagi Anda yang sudah terdeteksi kanker, mungkin dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C bisa menguranginya. Beberapa wanita yang mengkonsumsi buah atau sayuran yang banyak mengandung vitamin C dapat terhindar dari resiko kanker payudara. Menrut riset bahwa fungsi yang tidak kalah penting dari vitamin C adalah dapat dijadikan sebagai racun bagi sel-sel kanker tertentu

Memperbaiki kulitdan Sel-sel yang mati

Vitamin C mengandung antioksidan yang sangat baik bagi perkembangan kulit. Antioksidan yang berasal dari vitamin C berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari. “Pemberian asupan vitamin C yang digabungkan dengan bahan lainnya dapat memperbaiki beberapa tanda-tanda penuaan termasuk berupa garis-garis halus, pigmentasi yang tidak merata, warna kulit dan juga tekstur,” kata Dr Mariusz Sapijaszko, direktur medis dari Youthful Image Cosmetic Surgery Clinic dan jugs seorang profesor dermatologi di University of Alberta. Merupakan salah satu fungsi vitamin C dibidang kesehatan kulit.

Meningkatkan mood

Apa bila kita kekurangan vitamin C , maka dapat menyebabkan perubahan psikologis. Menurut penelitian dari McGill University menyatakan bahwa pemberian suplemen vitamin C (500 mg dua kali sehari) bagi pasien rawat inap yang mengalami kekurangan vitamin C, secara signifikan dapat membantu meningkatkan suasana keadaan hati mereka. Ini adalah salah satu fungsi vitamin C yang sangat dianjurkan bagi yang sering merasa gelisah, dan sebagainya.

Menurunkan resiko serangan jantung

Aterosklerosis adalah suatu keadaan dimana arteri jantung menebal dan dapat meningkatkan terjadinya serangan jantung sebab darah menjadi tidak lancar. Dengan mengkonnsumsi buah atau sayuran yang banyak mengandung Vitamin C , maka akan dapat menghilangkan aterosklerosis yang berada di dalam jantung tersebut.

Mengontrol tekanan darah

Bagi And ayang memiliki tekanan darah rendah yang biasanya ditandai dengan lesu, lemas atau bahkan tidka bertenaga, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi buah atau sayuran yang banyak mengandung vitamin C. Selain itu vitamin C juga berperan penting dalam mengatur tekanan darah tinggi, sebagaimana kita ketahu bahwa tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Mengkonsumsi vitamin C dengan dosis yang dianjurkan secara rutin dapat mengontrol tekanan darah.

Buah-buhan yang banyak mengandung Vitamin C yang Baik Untuk Kesehtan

 

Jambu biji

Salah stau buah yang banyak mengandung vitamin C setelah buah lemon adalah jambu biji. Jambu biji adalah buah yang sangat populer di daratan Indonesia ini. Kita hampir bisa menemukan jambu biji ini di seluruh daratan di Indonesia ini. Manfaat yang sangat luar biasa membuat para perusahaan untuk mengelolanya menjadi minuman . Tahukan Anda bahwa satu cangkir jambu biji mengandung 377 mg vitamin C yang merupakan empat kali jumlah asupan vitamin C yang disarankan untuk pria dan lima kali jumlah vitamin C yang disarankan dikonsumsi oleh wanita.

Paprika kuning

Mungkin tidak banyak dari kita yang tahu bahwa paprika mengandung vitamin C tinggi. Salah satunya adalah paprika kuning. Sayuran berwarna cerah ini mengandung 155 mg vitamin C.

Paprika merah

Sama halnya paprika kuning, bahwa paprika merah juga tinggi akan vitamin C. Secangkir paprika merah mengandung 190 mg vitamin C. Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi sangat dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi paprika merah ini karena ia dapat mengontrol tekanan darah Anda.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat populer dan harganya yang murah menjadikan buah ini sebagai santapan kelas mengengah ke bawah, bahkan menegtahui khasiat dan manfaatnya yang luar biasa hampir semua orang mengkonsumsinya. Tahukah Anda, bahwa pepaya mengandung serat tinggi yang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Selain serat, kandungan vitamin C di dalam pepaya juga cukup tinggi. Sekitar setengah dari buah pepaya yang berukuran besar mengandung 238 mg vitamin C.

Stroberi

Stroberi kebanykan kita temui di area pegunungan atau area sejuk seperti bandung, garut, bogor dan beberapa daerah di Indonesia lainya yang beriklim dingin. Di Luar negri buah stroberi ini sangat populer dijadikan jus dan es cream. Meskipun demikian di Indonesia juga begitu karena sekarang ini stroberi sudah sangat mudah di kemabng biakan. Tahukah Anda bahwa jia Anda mengkonsumsi harian stroberi membantu Anda mengendalikan diabetes tipe 2 dan mencegah penyakit jantung. Stroberi juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan lainnya. Dalam satu porsi buah stroberi 147 gram, mengandung vitamin C sebanyak 86,5 mg

Alpukat

Alpukat memiliki lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Alpukat juga mengandung zat besi dan vitamin E. Sebuah alpukat mengandung 81 kalori, 8 gram lemak dan 3 gram serat.

Sirsak

Sirsak adalah buah yang kaya vitamin dan serat. Setengah buah sirsak sedang sudah cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan vitamin C dan setengah kebutuhan serat harian Anda. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlambat penuaan. Serat sangat baik untuk membantu pencernaan dan detoksifikasi. Sirsak juga mengandung fosfor dan kalsium, dua mineral penting untuk pembentukan massa tulang dan mencegah osteoporosis.

Mangga

Sebutir buah mangga rata-rata mengandung 60 mg vitamin C, yang sama dengan jumlah harian yang disarankan. Antioksidan dalam mangga membantu mencegah artritis, mempercepat penyembuhan luka dan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Comments

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: