Berapa Tekanan Darah Normal Pada Orang Dewasa

Berapa Tekanan Darah Normal Pada Orang Dewasa – Tekanan darah para orang dewasa dan anak-anak itu berbeda, mengetahui tekanan darah itu sangat penting untuk mengetahui kesehtan Anda. Tekanan darah adalah ukuran berapa kencang jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi tekanan darah adalah agar kinerja tubuh bisa maksimal, oleh karena itu Anda harus mengetahui berapa tekanna darah normal. Perlu diketahui bahwa semakin redah tekan darah, bearti itu semakin baik dan semakin tinggi tekanan darah Anda, maka itu semakin bahaya. Tekanan darah tinggi biasanya disebut juga dengan Hipertensi. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Tekanan darah untuk anak muda adalah 90-100 mmHg

Pada umumnya  yang menyebabkan tekanan darah meningkat atau tidak adalah pola makan serta kesehatan badan kita. Oleh karena itu selain menjaga kesehtan kita juga wajib untuk selalu mengatur pola makan yang sehat dan ideal. Berlebihan makan juta tidak baik karena akan mengakibatkan penyakit kompikasi, namun makanan yang baik adalah makanan yang sudah ditentukan takarannya. Biasanya orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal antara 100-120 mm Hg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik. Sementara angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik. Tekanan darah tergolong normal selama berada di bawah 140/90.

Namun angka tersebut tidak mutlak. Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang Anda jalani dan kondisi emosional Anda. Jadi Anda tidak perlu panik ketika mendapati tekanan darah Anda berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu lama.

Jika hal itu terjadi, berarti Anda mengidap hipertensi (tekanan darah tinggi) atau hipotensi (tekanan darah rendah). Kondisi tersebut menjadi salah satu pertanda buruknya kesehatan Anda.

Comments

comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: